Selasa, 15 Agustus 2017

Manfaat Membuat Mainan Mobil-Mobilan dari Barang-Barang Bekas

Manfaat Membuat Mainan Mobil-Mobilan dari Barang-Barang Bekas

Seiring perkembangan jaman yang makin modern, banyak jenis mainan mobil-mobilan yang berada di market yang dapat anda peroleh. Ada type mobil-mobilan yang memakai baterai, aki, dan remote control. Jenisnya pun bermacam. Siapa yg tidak ingin, semua anak tentu menginginkannya, namun mungkin mainan itu harga nya diluar jangkauan atau barangkali anak-anak mudah jemu. Sebelumnya membelikan anak mainan mobil-mobilan, sebaiknya anda memperkenalkan cara buat mainan mobil-mobilan sendiri dengan memakai beberapa barang sisa. Apa sajakah manfaat buat mainan sendiri? Diluar itu, apa sajakah beberapa bahan yang dapat dipakai? Simak cara membuat mainan dari kayu bekas dalam artikel ini. Cek this out!

Manfaat Buat Mainan Sendiri 

Pernahkan anda pada saat kecil buat mainan sendiri? Bila ya, pasti masa-masa itu demikian mengasyikkan. Biasanya mainan yang di buat sendiri lebih lama dan awet dimainkan karena ada perasaan bangga dan bahagia saat bermain memakai mainan hasil karya sendiri. Bagaimana bila hal itu kita tularkan pada anak-anak? Terkecuali lebih irit, terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buat mainan sendiri, salah satunya yaitu seperti berikut.

  1. Cobalah perhatikan, anak-anak juga akan terlihat demikian asik saat buat mainannya sendiri. Ia tengah melatih buat suatu hal berdasar pada imajinasinya.
  2. Lewat sistem buat mainan itu, anak belajar cara memecahkan problem, belajar cermat, sabar, dan telaten.
  3. Belajar tentang bahan, bentuk, dan warna.
  4. Mainan yang simpel tambah lebih awet dan lama dimainkan.
  5. Memberi stimulus anak jadi lebih kreatif dan mandiri.
  6. Membuat beberapa barang sisa jadi suatu hal yang baru dan unik.
  7. Memakai beberapa barang sisa adalah salah satu cara kurangi sampah dan ini adalah salah satu sikap perduli pada lingkungan.
Beberapa Type Barang Sisa untuk Buat Mainan Mobil-Mobilan 

Terdapat beberapa beberapa barang sisa di sekitar kita yang dapat digunakan untuk bahan buat mainan mobil-mobilan dengan anak, salah satunya seperti berikut.

a. Mainan Mobil-Mobilan dari Kardus Bekas

Bila di rumah ada kardus-kardus sisa, seperti kardus kosmetik dan kardus susu, janganlah dibuang. Beberapa bahan itu dapat disulap jadi mainan mobil-mobilan. Langkahnya cukup mudah. Kardus ditumpuk-tumpuk sesuai dengan ukuran. Kemudian, rekatkan dengan lem sesuai sama bentuk yang dikehendaki. Agar lebih menarik, kardus-kardus itu dapat dibungkus memakai kertas koran atau kertas warna warni.

b. Mainan Mobil-Mobilan dari Kulit Jeruk Bali

Mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk adalah mainan tempo dahulu. Jaman saat ini jeruk bali termasuk buah-buahan yang jarang didapat. Bila tak ada jeruk bali, kita dapat memakai kulit semangka. Pada jamannya, mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk sangat disukai oleh anak-anak.

c. Mainan Mobil-Mobilan dari Botol Plastik

Botol plastik minuman jadi salah satu type sampah yang banyak diketemukan. Botol paket minuman plastik ini dapat jadi mainan mobil-mobilan yang menarik. Untuk buat bannya dapat memakai tutup botolnya. Agar mobil-mobilan jadi terlihat lebih menarik, dapat ditambah dengan warna-warni cat.

Terkecuali 3 type barang sisa itu, banyak barang sisa beda yang dapat digunakan jadi bahan buat mainan mobil-mobilan, seperti sandal jepit dan gabus. Setelah memilih type bahan yang juga akan dipakai, sediakan juga bahan yang lain, seperti lem, gunting, dan tali. Sebaiknya anda ikut serta menolong atau mengikuti saat anak buat mainan. Problem bentuk dan kreasi dapat serahkan ke anak. Tetapi, bila anak bingung untuk mengawalinya, anda dapat memberi cara membuat mainan sederhana yang menarik.

Yuk, tunggulah apa sekali lagi. Dengan semangat do it yourself, anda dapat mengajarkan bagaimana memakai beberapa barang sisa jadi mainan mobil-mobilan yang unik. Selamat berkreasi!

0 komentar:

Posting Komentar